Mengenal Metode pembelajaran Sentra Bahan Alam


Apa itu metode pembelajaran sentra bahan alam? Beberapa orang tua mungkin sering mendengar istilah model pembelajaran sentra di kelas Paud atau Taman Kanak Kanak. Wajar saja, karena metode pembelajaran yang satu sedang digiatkan di beberapa sekolah. Salah satu cabang dari pembelajaran metode sentra adalah pembelajaran sentra bahan alam.

Pembelajaran sentra bahan alam dalam prakteknya anak bermain main menggunakan bahan yang bersifat alam. Misalnya bermain pasir, air, plastisin, playdough, dan lainnya. 

Fungsi dari metode belajar sentra alam ini untuk mengembangkan motorik halus dalam rangka menguatkan tiga jari guna persiapan menulis serta pengenalan sains untuk anakk.

Kegiatan di sentra ini sangat menyenangkan dan termasuk sentra favorit bagi anak. Selain itu ragam permainan di sentra ini memungkinkan anak memahami konsep dan proses sains.

Harapan dari pembelajaran sentra bahan alam ini adalah anak dapat terstimulasi aspek motorik halusnya secara optimal dan kemampuan menganalisa sejak dini serta mengenalkan keaksaraan.

Share this :

Previous
Next Post »