Cara Belajar Anak Efekif dan Menyenangkan

http://belajarsentra.blogspot.co.id/

Cara belajar anak efektif dan menyenangkan - Hal paling rumit dalam bagaimana menemukan metode cara belajar anak efektif dan menyenangkan. Rata rata model belajar selama terpaku model belajar lama. Bahwa anak harus duduk tenang, mendengarkan dengan seksama. Untuk konteks kekinian, model belajar seperti sudah tidak bisa digunakan lagi. 

Belajar anak sekarang harus menyenangkan. Jangan kaget jika anak akan mengalami peningkatan prestasi jika model pembelajaran dibuat lebih fun. Karena anak cenderung lebih mudah mencerna konsep pembelajaran sesuai dengan umurnya.

Jangan paksakan anak usia 1 tahun belajar dengan model anak usia 14 tahun. Hal itu akan sangat berbeda.

Teringat model mengajar guru zaman dahulu, bahwa belajar harus diam tidak boleh banyak bertanya. Model belajar anak sekarang justru dirancang banyak bertanya. Hal itu akan menimbulkan sikap kritis namun juga analitis.

Model pembelajaran seperti ini yang kini menjamur dan digunakan di lembaga pendidikan di Indonesia. Namun juga tidak meninggalkan pembelajaran ala lama yang tidak bisa dipungkiri model pembelajaran seperti itu (ala lama) tetap memberikan sumbangsih yang besar.

Belajar menyenangkan bisa ditempuh dengan menggunakan game edukasi, cerita hikmah, atau rekreasi alam dimana model pembelajaran tersebut langsung dihadapkan pada objek yang dipelajari.

Share this :

Previous
Next Post »