Metode Pembelajaran Sentra di TK

http://belajarsentra.blogspot.co.id/

Model pembelajaran sentra di TK - Model pembelajaran makin kaya akan pilihan. Berdasar ingin memberikan pengalaman terbaik bagi anak didiknya, para ilmuan dibidang pendidikan terus mengembang konsep pendidikan yang tepat untuk generasi bangsa. Salah satu temuan yang kini banyak digunakan di lembaga pendidikan sekelas taman kanak kanak adalah model pembelajaran sentra

Model pembelajaran ini berangkat dari kreatifitas mengajar para guru yang resah terhadap stagnan tumbuh kembang pemikiran anak. Model pembelajaran sentra ini adalah model pembelajaran yang menyeimbangkan antara bimbingan guru dan inisiatif anak.

Bermain dipandang sebagai kerja, sehingga anak dipacu agar menyelesaikan dari memulai hingga akhir "start to finish". Model pembelajaran ini menekankan pada aspek pengembangan minat, potensi, dan kekuatan anak.

Perbedaan yang terlihat ketika pengelolaan di dalam kelas. Dimana dalam sistem area anak bebas bergerak di semua area, sedangkan sistem sentra anak bebas bergerak dalam bermain dalam area sentra setiap harinya.

Macam Macam Sentra
Kelas sentra sendiri terbagi pada beberapa, diantaranya akan disebutkan dalam ulasan dibawah ini
  • Model Pembelajaran Sentra Persiapan
  • Model Pembelajaran Sentra Balok
  • Model Pembelajaran Sentra Main Peran Kecil (Mikro)
  • Model Pembelajaran Sentra Main Peran Besar (Makro)
  • Model Pembelajaran Sentra IMTAQ
  • Model Pembelajaran Sentra Seni
  • Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam
Model pembelajaran ini bisa anda terapkan di sekolah Anda. Terbukti banyak sekolah besar sudah menggunakan metode belajar sentra. Sehingga mampu meningkatkan produktifitas perkembangan anak secara baik. 

Share this :

First